IP Address

.

Wednesday, January 20, 2010

Peluang Indonesia di Malaysia Open Super Series 2010

PROTON Malaysia Open Super Series 2010 telah berlangsung dari Selasa kemarin, 19 Januari 2010 sampai dengan tanggal 24 Januari 2010. Seperti yang diketahui, beberapa pemain Indonesia baik yang pelatnas maupun non-pelatnas atau professional ikut ambil bagian dalam turnamen ke-2 super series ini dalam rangkaian 12 super series, di mana sebelumnya telah berlangsung VICTOR Korea Open Super Series 2010 dari tanggal 12-17 Januari lalu. PBSI sendiri mendaftarkan 24 pemainnya untuk ikut serta dalam turnamen super series ini yaitu : tunggal putra (Sony Dwi Kuncoro, Simon Santoso, Tommy Sugiarto), tunggal putri (Linda Weni Fanetri), ganda putra (Mohammad Ahsan/Bona Septano, Yonathan Suryatama Dasuki/Rian Sukmawan, Markis Kido/Hendra Setiawan), ganda putri (Greysia Polii/Nitya Krishinda Maheswari, Anneke Feinya Agustin/Annisa Wahyuni, Shendy Puspa Irawati/Meiliana Jauhari), ganda campuran (Nova Widianto/Liliyana Natsir, Fran Kurniawan/Pia Zebadiah, Tantowi Ahmad/Richi Puspita Dilli, Muhammad Rijal/Debby Susanto). Namun, sehari sebelum turnamen ini digelar, PBSI mencoret beberapa nama untuk ikut serta dalam MOSS'2010 dengan alasan untuk persiapan kualifikasi Piala THOMAS & UBER 2010 yang akan dilangsungkan pada bulan Februari mendatang di Nakhon Ratchasima, Thailand dan juga beberapa pemain yang ditarik keikutsertaannya mengalami cedera. Alhasil, PBSI akhirnya hanya menyertakan 11 pemainnya untuk berlaga di 4 nomor, minus tunggal putra. Ke-11 pemain tersebut adalah : tunggal putri (Linda Weni Fanetri), ganda putra (Yonathan Suryatama Dasuki/Rian Sukmawan), ganda putri (Anneke Feinya Agustine/Annisa Wahyuni, Shendy Puspa Irawati/Meiliana Jauhari), ganda campuran (Nova Widianto/Liliyana Natsir, Muhammad Rijal/Debby Susanto). Selain ke-11 nama tersebut, Indonesia juga diwakilkan beberapa pemain non-pelatnas di ajang MOSS kali ini : tunggal putra (Taufik Hidayat), ganda putra (Alvent Yulianto/Hendra Aprida Gunawan, Luluk Hadiyanto/Joko Riyadi), ganda putri (Vita Marissa/Mona Santoso), ganda campuran (Hendra Aprida Gunawan/Vita Marissa, Alvent Yulianto/Mona Santoso, Flandy Limpele/Chen Wen Hsing [Taipei]).
Dari nama-nama tersebut, hanya Linda Weni Fanetri dan Alvent Yulianto/Mona Santoso yang harus melewati babak kualifikasi terlebih dahulu yang telah berlangsung pada Selasa kemarin (1/19). Dari babak kualifikasi tersebut, dua wakil Indonesia ini mengalami nasib yang berbeda. Linda Weni Fanetri berhasil melaju ke babak utama setelah di babak kualifikasi awal berhasil mengalahkan pemain Malaysia, Sonia Su Ya Cheah dalam pertarungan rubber-game, 21-17 20-22 21-16. Di final kualifikasi, Linda juga sukses menumbangkan unggulan ketiga kualifikasi asal Taipei, Chen Hsiao Huan juga dalam rubber-game, 16-21 21-16 21-15. Sedangkan, Alvent/Mona tidak dapat berbuat banyak setelah di babak kualifikasi awal berhasil ditumbangkan oleh pasangan gado-gado Malaysia/Russia, Gan Teik Chai/Anastasi Russkikh 21-23 21-10 17-21. Dengan ini, Indonesia berhasil menempatkan satu tunggal putri di babak utama.
Babak utama yang mulai berlangsung hari ini diperkirakan akan susah bagi kontingen Indonesia meraih kemenangan untuk maju ke babak perempat final. Di tunggal putra, Indonesia hanya diwakilkan oleh Taufik Hidayat yang menjadi unggulan ketiga. Pada babak awal hari ini, Taufik Hidayat akan ditantang oleh wakil Denmark Jan O Jorgensen. Di pertandingan ini, Taufik Hidayat diperkirakan harus tampil maksimal karena Jan O Jorgensen sedang tampil dalam performa maksimal setelah di penghujung tahun 2009 lalu, berhasil memenangkan Kopenhagen Masters. Jika berhasil melewati hadangan Jan O Jorgensen, di kedua Taufik diperkirakan akan bertemu Eric Pang (Belanda) lalu di perempat final diprediksi akan menemui tantangan berat dari unggulan kedelapan asal Cina, Bao Chunlai. Jika berhasil kembali, di semifinal Taufik akan ditunggu oleh unggulan pertama Lee Chong Wei atau unggulan kelima Chen Jin dari Cina. Jika berhasil melaju ke babak final, Taufik diprediksi akan bertemu unggulan keempat Peter Gade. Di sektor tunggal putri, wakil Indonesia, Linda Weni Fanetri di babak awal sudah harus menjalani mission impossible melawan Wong Mew Choo asal Malaysia. Jika berhasil, Linda diperkirakan akan menghadapi finalis Korea Super Series lalu, Sung Ji Hyun di babak selanjutnya dan unggulan keempat asal Hongkong, Zhou Mi di perempat final. Jika berhasil kembali, di semifinal Linda diprediksi akan bertemu pemain Cina antara Wang Yihan, Wang Shixian dan Jiang Yanjiao.
Di sektor ganda putra yang diwakilkan 3 pasangan, Rian/Yoke-lah yang mendapatkan lawan berat di babak awal. Rian/Yoke di MOSS 2010 ini kembali bertemu pasangan Malaysia Koo Kien Keat/Tan Boon Heong.(continue)

0 comments:

Post a Comment